bentang alam benua Eropa

* Benua Eropa
A. Letak dan Luas Wilayah
    Dilihat dari letak geografisnya, Benua Eropa meupakan kelanjutan dari Benua Asia ke arah barat. Karenanya, daratan Eropa bagaikan anak Benua Asia. Antara Daratan Asia dan Eropa hanya dipisah oleh Pegunungan Ural yang membujur dari Laut Kaspia ke arah Utara sampai Laut Artik. Yang membedakan antara Benua Eropa dengan Benua Asia adalha pada keadaan alamnya di mana di Benua Eropa tidak di temukan adanya gurun pasir.
    Benua Eropa yang luasnya 10.500.000 km2 terletak pada lintang 360 LU - 710 LU dan 90 BB - 660 BT. Batas-batasnya Benua Eropa adalah sebagai berikut.
1. Sebelah barat dengan oleh Samudra Altlantik.
2. Sebelah utara dengan laut Es Utara (Laut Artik).
3. Sebelah timur dengan Pegunungan Ural dan Laut Kaspia.
4. Sebelah selatan dengan Laut Tengah dan Negara Turki.


http://1.bp.blogspot.com/-3BamATYgmMY/TYbTgTdHnBI/AAAAAAAAALM/FEkNuSoFGWI/s1600/image_21033.gif


B. Keadaan Alam
    Benua eropa mempunyai beberapa bentuk bumi , di abtaranya sebagai berikut.
1. Dataran Rendah
    Dataran rendah membentand dari cekungan Paris ke arah utara melalui Belanda, Belgia, dan Jerman sampai di Polandia. Dataran rendah ini membentang daru arah berat ke timur yang keliling oleh Pegunungan Meditarania, Kaukasus, dan Ural.
2. Pegunungan Lipatan Muda
    Pegunungan lipatan muda membujur di sepanjang pantai Laut Tengah dari arah barat ke timur dengan membentuk pegunungan-pegunungan Pirenia, Alpen, Kaukasus, dan Ural. Pencak tertinggi dari Daratan pegunungan tersebut adalah Gunung Elbrus (5.633 m) yang terdapat di Pegunungan Kaukasus.
3. Pegunungan Tua Utara
    Pegunungan ini umunya rendah, pundaknya tumpul, dan membentuk dataran-dataran tinggi seperti Dataran Tinggi Skolanida dan Dataran Tinggi Irlandia Barat Laut. Di samping tiga bentuk bentang alam tersebut, di Benua Eropa banyak mengalir sungai-sungai antara lain Sungai Rhein, Sungai Elbe, dan Sungai Donau di Jerman serta Sungai Rhone, Sungai Garon, dab Sungai Loire di Prancis.
http://2.bp.blogspot.com/-eZPned0UHBM/Tlal9AZiVTI/AAAAAAAABR4/DPkUg-cYGqw/s1600/swissalps.jpg
                            Benua Eropa memiliki pegunungan yang ditutupi salju

C. Iklim
    Waluapun Benua Eropa terletak di daerah sedang dan dingin, namun benua ini memiliki udara yang sejuk sehingga pada musim panas udaranya hangat. Pembagian iklim di Eropa adalah sebagai berikut.
1. Iklim laut sedang yang terdapat di Prancis bagian Barat, Belanda, Inggris, dan Jerman Utara.
2. Iklim peralihan yang merupakan perubahan dari iklim laut ke iklim darat (kontinental). Iklim ini terdapat di pendalaman Eropa Barat dan Eropa
    Timur dengan cirinya, yaitu pada musim dingain banyak turun salju.
3. Iklim subartik yang terdapat di daerah lingkar kutub (66,50 LU) sampai ke daerah kutub. Musim dingin di sini sangat lama dan tertutup salju yang
    tebal. Tumbuhan yang hidup hanya tundra, sehingga disebut juga ikim tundra.

D. Flora dan Fauna
1. Fauna
    Dilihat dari kutub banyak terdapat rusa kutub, rubah, anjing laut Chamois (rusa berbulu halus), dan hnya beruang kutub.
2. Flora
    Dilihat dari keadaan iklimnya, di Benua Eropa terdapat bermacam-macam flora, yaitu seperi padang tundra di kawasan Skandinavia, hutan konifera (hutan beradaun jarum), dan beraneka macam bunga-bungaan.

E. Penduduk
    Benua eropa merupakan benua yang paling padat penduduknya. Jumlah Penduduknya di benua ini pada tahun 2003 adalah sekitar 727.000.000 dengan kepadatan 82 jiwa/km2. Pada umumnya, penduduk erioa termsuk dam ras Kaukasoide atau ras berkulit putih.Namun, ras di Benua Eropa masih dapar dikelompokan sebagai berikut.
1. Subras Nordik dengan ciri-ciri fisik adalah rambut pirang dan bermata biru yang banyak terdapat di Benua Eropa Utara.
2. Subras Alphina (Alpin) dengan ciri-ciri fisik seperti rambut pirang dan mata coklat.
3. Subras Mediteran dengan ciri-ciri fisik seperti mata agak coklat dan rambut hitam bergelombang .Subras ini banyak terdapat di Eropa Selatan.
    Persebaran penduduk di Eropa tidak merata dan sengat dipengaruhi oleh keadaan alam serta tingkat kemajuan ekonominya. Persebaran yang paling padat terdapat di daerah dataran rendah dan daerah-daerah industri.

Posting Lebih Baru Posting Lama

Leave a Reply

Pages

Blogger news

Blogroll